Selamat Datang diblog Saya

Minggu, 25 Desember 2016

Pengertian Inovasi Sistem Informasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)   inovasi adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal baru, pembaharuan, penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya.

Dari pengertian inovasi tersebut dapat disimpulkan bahwa inovasi adalah proses kreatif dalammelakukan penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada. Sedangkan kemampuan inovatif seorang wirausaha merupakan proses mengubah peluang menjadi suatu gagasan dan ide-ide yang dapat dijual.

Sedangkan Inovasi SI adalah kegiatan meneliti, mengembangkan, dan atau pun merekayasa yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, ataupun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada dalam bidang sistem informasi.
Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai trend masa kini, biar kekinian(?) Tetapi yang akan saya bahas ya tidak jauh-jauh dari istilah Teknologi. Siapa sih yang tidak tau teknologi di zaman sekarang ini? Bahkan kakek dan nenek kita juga sudah menggunakan teknologi sehari-harinya. Hmm.. kalau membicarakan tentang teknologi tak akan ada habisnya karena teknologi saat ini berkembang dengan sangat pesat. Apalagi dengan adanya internet semua informasi dapat diakses dengan mudah. Hampir di semua bidang sudah menggunakan teknologi. Sehingga orang berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi baru yang memudahkan masyarakat dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan.           
Nah, berikut trend inovasi masa kini yang akan saya bahas sedikit. Oke lets check this out~
1.      The 55 Language Translating Scanner

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhuRj4POw6sSN1aDg3mgFmAqHPAShFo0IJsoH741WHZqQyBVkDwystczyYcjXGBSs36OO04HN9SSWYgkKmkCH3kMn73hwD6A2delnM-L-B-IqB6zKiy5co8oIiYdGKUf6m6BxrOkAzuIqM/s320/%2525uFFFD%2525uFFFD%2525uFFFD%2525uFFFD.jpg

Yang pertama ada The 55 Language Translating Scanner yaitu sebuah scanner pena nirkabel (wireless) yang dapat mentransmisikan teks dari suatu halaman yang dicetak atau dokumen yang sudah dicetak ke smartphone, yang kemudian akan di terjmahkan ke dalam 55 bahasa. Sangat berguna untuk wisatawan Internasional yang perlu membaca menu atau dapat juga berguna bagi seorang translator, yang bekerja menerjemahkan novel atau buku. Pelajar juga dapat menggunakan alat ini misalnya untuk mempelajari bahasa asing.
Cara menggunakannya sangat mudah seperti saat menggunakan stabilo, yaitu dengan cara menggesekkan ujung pena ke baris teks yang akan diterjemahkan, selanjutnya teks akan langsung muncul dilayar smartphone atau perangkat yang terhubung dengan alat ini. Aplikasi scanner memungkinkan pengguna untuk memilih bahasa yang diterjemahkan. Teks juga dapat dimasukkan langsung ke beberapa aplikasi kita seperti word, outlook, dan docs Google. Baterai dapat diisi ulang dan waktu hidupnya bisa sampai empat jam. Menterjemahkan dengan alat ini memerlukan koneksi internet. Menarik bukan?

2.      E-Learning

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0zuS9ddvLaB30OsS6YAP_XKKMZGi37p5N9xAbhD0T6iP_OIXoRQS0Yc0PcX1CaPgboszBl0lsXBWncmVY1lbKYOuvPLE8Hir1QTQzm2zl3RaTFv4ArCPztO2fncW2jk4iXNzD_ePUA0E/s320/logo.gif

Sistem pembelajaran elektronik atau lebih sering disebut dengan e-learning adalah suatu pembelajaran yang memungkinkan para pelajar dapat mengakses nya melalui website dimanapun dan kapanpun. Dengan adanya teknologi informasi ini pelajar dapat mempersingkat waktu dan menghemat biaya. Salah satu aplikasi e-learning yang populer adalah moodle. Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah sebuah aplikasi yang memanfaatkan teknologi informasi untuk pembelajaran berbasis internet dan situs web.

3.      Portable Coffee Maker

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhq4NU4w0LHJGg4kkngHzBx-NoIBGikEBhDfAwO33QOjNH4-uz0ev81AAgM7t3O2tOtmHghX7NHEVUD6MckGFnM4it80rggGEW0W2iw72CGHNK4L2214zi-69XV_UrjlbA7cpqoq_2Ddb8/s320/Handpresso_operating.jpg

Bagi para pecinta kopi harus tau ini. Handpresso adalah alat pembuat kopi portable yang memungkinkan para pecinta kopi dapat menikmati kopi dimanapun dan kapanpun. Alat ini pertama kali resmi diluncurkan pada tahun 2008. Jadi bagi para pecinta espresso tidak perlu bingung dengan adanya portable coffee maker dapat membuat espresso di dalam mobil, di ruang terbuka, di atas laut juga bisa dan adapula alat yang untuk diletakkan di dalam rumah.

4.      3D Printer

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEig5oPNOgSSxN2BdqTyI92_elBQFIp8cuaCW83BH8qvfjQpjKNiD8NcNtzXNiVmqzcO772BDXkYnw_cwt6xNKQ9nZOanqJ7h75yT06VjvQnHhRgHsccO9eRh66Kd6FPNOJN6w2EQ7HEEfU/s320/img_3595-100645244-primary.idge.jpg

Printer ini sama saja dengan printer lainnya, yang membedakan yaitu outputnya. Alat cetak ini akan menghasilkan benda padat 3 dimensi seperti modelling, prototipe/pemodelan, alat-alat peraga untuk lab, model perhiasan, desain produk, mainan anak-anak dan lain sebagainya.
            Sebelum mencetak kita harus membuat desain model tiga dimensinya dulu dengan menggunakan software seperti Auto CAD dan software 3dimensi lainnya. Jika sudah selesai bisa langsung dicetak. Lamanya proses mencetak tergantung besar dan ukuran model. Belum banyak orang yang menggunakan alat ini karena harganya yang masih terlampau mahal. Harganya bisa mencapai RP 30.000.000,-. Woww.. so expensive.

5.      Hoverboard

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfjM-7wiyHxhhlR8PDgClJ7ZQr9NwWztpkzmzTTbWFtCVzfwdo5XTrntb-0SsA7x3i-mtOdYVrFudZ_LUmTpae7wfar95iaOz-O0QeLS4DSk-oxG7VswK12AjPmPPanDXfSeRuowVNV4g/s320/board-side.png

Hoverboard adalah skateboard yang memanfaatkan teknologi informasi sehingga dapat melayang di udara. Hoverboard ini dapat melayang sampai ketinggian 20cm selama 6 menit dan didukung dengan fitur self balancing dan menggunakan 36 kipas listrik. Harganya pun masih mencapai ratusan juta rupiah.

6.      Virtual Reality

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh1YVK-nj0gj3gKe7UUvK-kcf-LRRxPlZPQRYhroqyo54mu5Ln69ub7dTejTSFJKQES_p5KRJQCg6etRBg8PZARrEfM7tyG6SeclmJq0-d-Ud_TPcxCmJrDVWF-KQNA6AMjLbUqMcG41UA/s320/inimedia-mengenal-teknologi-virtual-reality1.jpg

Virtual berarti maya sedangkan reality berarti realitas. Sehingga Virtual Reality adalah teknologi yang memungkinkan penggunanya berintraksi dengan lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Virtual Reality biasa digunakan untuk keperluan medis, arsitektur, penerbangan, dan hiburan. Selain virtual reality adapula augmented reality yaitu integrasi informasi digital dengan lingkungan. Perbedaannya yaitu virtual reality membuat dunia 3D secara keseluruhan sehingga pengguna berinteraksi dengan lingkungan buatan sedangkan augmented reality menggunakan lingkungan dunia nyata dan hanya benda-bendanya saja yang buatan. Augmented reality biasanya digunakan untuk keperluan medis, militer, manufaktur dan komunikasi.
Teknologi Gaming
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjNPq8STQpyrdL8jLjCgfDF8ynIw7C2M7v7rl3irxBFg5suj1oB5H6jPCJD_UUotDgZPwpBXZMrm3E_vLHn_C5hWhfl05GhHRvwUvJBv42Rf40Xbr7dSMYrqjY7eoynbQ82-KbbX9ptVmI/s320/nvidia-shield2-600x337.jpg

Untuk terciptanya alat gaming yang stabil dan efektif terhadap si pengguna. Teknologi gaming semaking berkembang. Contohnya Playstation Eye yang mendeteksi gerakan pemain, sama halnya seperti kinect. Lalu ada juga motion gesture, seperti Nintendo Wii, dan yang terakhir teknologi gaming yang terbaru itu ada virtual reality. Virtual reality diharapkan kedepannya bisa membawa pemain merasakan masuk kedalam game.

Drone
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgaBs0nJ3jgT1PVM4j_vTwknv0yMabrGntUUnqfYajLr3YlSOScgJMGQ2FoghMw-I43EAtRYzQYYcffaIKZ6fKKEfSz8KT6o-CWh0Bti6_EkrE4e0jXnALDbwPrSProwaY8eoJtE7kxHxQ/s320/drone.jpg

Drone merupakan adalah pesawat pengintai tak berawak yang dijalankan dengan pusat kendali di suatu tempat dengan menggunakan komputer atau juga remote control. Selain dapat dikendalikan, drone juga dapat disetting untuk dapat terbang secara otomatis. Kita bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah dan menyeluruh yang direkam oleh drone dari udara.

Komputer dan Smartphone
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhK7NGC56uF69aJ3s2xqIipQrduxZ-kgaI2PZ-jc3WnJ1vZm01z1rVY9eRebslKLTQG8XsFFNHHGMLYeucuDzAMvuhhwHLbufYuP6t1MiLUu1EOgZ8WuVAXnYsivojcmFY2T3b4QoEE8U/s320/komputer.jpg

Komputer dapat membantu anda mencari Informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan akurat tanpa harus menunggu untuk mendapatkannya. Terutama jika komputer telah terhubung dengan internet.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_D3GEKJxQd3EL7AYj29MHieUZUAiVqMtzUbeQgLURQhrxms0bMLAcPofnNq6eOxXv_B_1WibGBko4vAVFbfRNWdSEi8D186dHkLrUWG4BIEnpwxoatvlb9bMB4dnD2o0cs-Tz4zsSjE0/s320/smartphone-tekuk.jpg

Sama halnya dengan komputer, smartphone juga mampu mencari informasi yang anda butuhkan dengan cepat. hanya saja yang membedakannya, mencari informasi menggunakan smartphone bisa dimana saja dan kapan saja sesuai keinginan dan kuota internet anda.

Tentu saja masih banyak lagi contoh lainya, dengan adanya beberapa contoh tersebut anda dapat menggali informasi lebih dalam dalam sesuai keinginan anda dalam pemakaiannya, namun dengan harga yang lumayan tinggi. bahkan ada yang sangat tinggi.






Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Moodle
https://www.merdeka.com/teknologi/ini-skate-board-canggih-yang-bisa-melayang-di-udara-selama-6-menit.html

0 komentar:

Posting Komentar














Categories

Unordered List

Sample Text

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget