Selamat Datang diblog Saya

Minggu, 16 April 2017

Pengantar Teknologi Sistem Cerdas (TUGAS SOFTSKILL PERT. 2) 

Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial (Artificial Intelligence) atau hanya disingkat AI didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.


Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh : mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.

Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah.

Tujuan Kecerdasan buatan:
  1. Untuk mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah,masalah yang biasa diselesaikan melalui aktifivitas intelektual manusia,
  2. Untuk meningkatkan pengertian/pemahaman kita pada bagaimana otak manusia bekerja

Keuntungan Kecerdasan Buatan :
  1. Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami akan cepat mengalami perubahan. Hal ini dimungkinkan karena sifat manusia yang pelupa. Kecerdasan buatan tidak akan berubah sepanjang sistem komputer dan program tidak mengubahnya.
  2. Kecerdasan buatan lebih murah dibanding dengan kecerdasan alami. Menyediakan layanan komputer akan lebih mudah dan lebih murah dibanding dengan harus mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu yang sangat lama.
Kekurangan Kecerdasan Buatan :
  1. Rawan Rusak.
  2. Mahal dalam proses pembuatan.
  3. Memerlukan daya listrik.

SISTEM PAKAR

Sistem Pakar atau Expert System adalah suatu perangkat lunak komputer yang dirancang untuk memberikan  pemecahan masalah suatu tenaga ahli didalam suatu bidang. Sistem Pakar terdiri atas suatu dasar pengetahuan(informasi, heuristik, dll.), mesin  kesimpulan(untuk meneliti dasar pengetahuan), dan alat penghubung (input dan output).

Menurut Wikipedia Sistem Pakar adalah suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik.

Ciri-Ciri Sistem Pakar :
  1. Sistem pakar yang baik harus memenuhi ciri-ciri sebagai berikut:
  2. Memiliki informasi yang handal.
  3. Mudah dimodifikasi.
  4. Dapat digunakan dalam berbagai jenis komputer.
  5. Memiliki kemampuan untuk belajar beradaptasi.

Keuntungan Sistem Pakar :
  1. Memungkinkan orang awam bisa mengerjakan pekerjaan para ahli.
  2. Bisa melakukan proses secara berulang secara otomatis.
  3. Menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar.
  4. Meningkatkan output dan produktivitas.
  5. Meningkatkan kualitas.

Kelemahan Sistem Pakar
  1. Biaya yang diperlukan untuk membuat dan memeliharanya sangat mahal.
  2. Sulit dikembangkan. Hal ini tentu saja erat kaitannya dengan ketersediaan pakar di bidangnya.
  3. Sistem Pakar tidak 100% bernilai benar.


MACAM - MACAM TEKNOLOGI SISTEM CERDAS 
  1. Sistem Cerdas Pembuatan E- Ktp
  2. Sistem Cerdas Pengaturan Lampu Lalu lintas
  3. Sistem Cerdas Algoritma Genetic di bidang Kedokteran.  Contoh : untuk menganalisa DNA, Melakukan Sinar X atau Rontgen
  4. Sistem Cerdas Robotika (Robotics). Contoh : Terdapat Robot sebagai pelayan restaurant di China, Robot pengajar Bahasa Inggris di Jepang, Lalu terdapat Robot owl(burung hantu) sebagai CCTV.
  5. Sistem Cerdas AutoPilot. Contoh : Terdapatnya autopilot (pilot otomatis) sederhana yang mengemudikan pesawat ketika sang pilot sedang beristirahat.
  6. Sistem Cerdas AutoCar atau Mobil Pintar yang Mengemudi Sendiri. Contoh : Mobil yang di ciptakan oleh ZF Friedrichshafen AG dari Jerman,
  7. Sistem Cerdas CommputerLine Ticket.
  8. Sistem Cerdas Permainan Komputer (Games). Contoh : Game The Sims 3 yang sudah bersifat 3D.
  9. Sistem Cerdas Mesin Absensi Fingerprint Perkantoran. Contoh : Absensi Menggunakan Scan Kartu ID atau Scan Sidik Jari.
  10. Sistem Cerdas Fingerprint pada Smartphone. Contoh : Melakukan Fingerprint atau Scan Sidik Jari untuk membuka kunci smartphone.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar














Categories

Unordered List

Sample Text

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget